Fakta Menarik Singapura Paling Anti Korupsi

Fakta Menarik Singapura Paling Anti Korupsi

Fakta Menarik Singapura Paling Anti Korupsi, – Singapura merupakan negara kepulauan yang didirikan oleh Sir Stamford Raffles sebagai koloni perdagangan Inggris pada tahun 1819 ini. Negara yang memiliki 4 bahasa resmi yaitu bahasa Inggris, Tamil, China, dan Melayu.

Meski Singapura negara kecil, namun negara tersebut merupakan negara yang sangat makmur dengan perekonomiannya yang cukup stabil. Bahkan Bank Dunia menjuluki Singapura sebagai tempat paling mudah untuk berbisnis.

Selain itu, Singapura juga merupakan salah satu tujuan wisata terfavorit di Asia Tenggara, lho. Beberapa tempat wisata yang populer di Singapura yaitu termasuk Universal Studios, Marina Bay Sands, Gardens by the Bay, Merlion Park, dan Sentosa Island.

Selain fakta-fakta di atas, Singapura memiliki beberapa fakta menarik lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan. Penasaran? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Sang Nila Utama memberi nama kota dengan sebutan ‘Singapura’

Nama Singapura diberikan oleh Sang Nila Utama, seorang Pangeran Sriwijaya dari Palembang. Lahirnya Kota Singapura berawal saat Pangeran Sriwijaya ini berburu di Kuala Temasek.

Saat sedang berburu hewan liar bersama dengan para anak buahnya, Sang Nila Utama melihat sesosok hewan dengan badan berwarna merah, kepala hitam serta dada berwarna putih, yang berlari dengan sangat cepat menuju ke dalam hutan.

Dirangkum oleh https://orionhotelcrete.com, Sang Nila Utama kemudian menanyakan nama hewan aneh tersebut kepada penasihat utamanya. Penasihat utama menjawabnya singa, karena beranggapan hewan tersebut mirip dengan seekor singa.

Menganggap munculnya singa adalah bertanda keberuntungan, maka Sang Nila Utama memutuskan untuk mendirikan kota baru di Temasek, dan memberinya nama “Singapura”. Dalam bahasa Sansekerta, Singapura artinya “Kota Singa”. Pendirian kota Singapura ini, terjadi pada tahun 1323.

2. Negara kasus korupsi paling sedikit di Asia

Singapura merupakan salah satu negara yang menjunjung tinggi kejujuran. Kejujuran yang dijunjung tinggi di negara ini, terbukti dengan sedikitnya kasus korupsi dibandingkan dengan di negara-negara Asia lainnya.

Bahkan Singapura merupakan satu-satunya negara di Asia yang masuk ke dalam daftar 10 negara dengan kasus korupsi paling sedikit di sektor publik. Singapura berada di posisi ke-4 sebagai negara dengan kasus korupsi paling sedikit di sektor publik.

3. Singapura merupakan negara yang sangat menyukai toilet dan merupakan pelopor Hari Toilet Sedunia

Fakta paling menarik dari Singapura yang masih jarang diketahui banyak orang yaitu menyukai toilet. Ya, negara yang terkenal dengan Patung Merlion ini, sangat menyukai toilet.

Bahkan pemerintah Singapura mengajukan resolusi PBB untuk menetapkan Hari Toilet Sedunia pada 19 November. Tindakan pemerintah Singapura dalam mengajukan resolusi PBB untuk menetapkan Hari Toilet Sedunia ini, mendapat dukungan dari 122 negara, lo.

Menariknya lagi, Organisasi Toilet Dunia juga dibentuk di Singapura pada tanggal 19 November 2001. Selain itu, di Singapura juga terdapat peraturan tentang penggunaan toilet umum, yaitu harus menyiram setelah digunakan. Jika tidak menyiram setelah digunakan, maka akan dianggap melakukan tindakan kriminal.

4. Singapore Night Safari merupakan kebun binatang malam pertama di dunia

Singapura memiliki banyak tempat wisata yang menarik, salah satunya yaitu Singapore Night Safari. Menariknya lagi, Singapore Night Safari ini merupakan kebun binatang malam pertama di dunia, lho.

Singapore Night Safari mulai dibuka pada tahun 1994, dengan luas mencapai 35 hektar. Para pengunjung bisa menyaksikan lebih dari 1.000 hewan di lingkungan malam hari yang sangat natural.

Nah, untuk menyaksikan atraksi utama yang ada di taman, para pengunjung bisa menggunakan trem. Selain itu, para pengunjung juga bisa mengelilingi kebun binatang ini, dengan berjalan kaki di jalur khusus untuk pejalan kaki yang tersedia di area taman. Wah, menarik sekali bukan?

5. Wajib militer bagi laki-laki yang telah berusia 18 tahun

Sebagai bentuk pertahanan negaranya karena diapit oleh negara-negara yang lebih besar seperti Malaysia dan Indonesia, pemerintah Singapura menerapkan kebijakan wajib militer bagi warga negaranya yang telah berusia 18 tahun.

Kebijakan wajib militer yang hanya diperbolehkan untuk laki-laki ini, berlangsung selama dua tahun. Namun setiap tahunnya, para prajurit harus tetap kembali berlatih hingga berusia 40 tahun.

Itulah deretan-deretan fakta menarik seputar Singapura, negara paling anti korupsi di Asia. Meski bukan negara besar, Singapura gak kalah kerennya dari negara-negara lainnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *